semua cinta Asvi " N " Vina

install ubuntu

Posted on: 16/02/2011

install ubuntu

Hy semua jumpa lagi dengan saya hehehe…….

ok untuk sekarang saya coba tulis lagi pengalaman saya tetang installing distro yang sangat tenar sejagat alam raya ini….
hahahaha…… LEBAY tapi emang kenyataannya kok……
ok langsung aja distro yang akan kita bahas sekarang adalah UBUNTU distro yang punya definisi
“sebuah kata Afrika yang berarti ‘kemanusiaan untuk semuanya’ atau ’saya dibentuk oleh kita semua’. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.”

ini distro banyak banget turunan nya contohnya “ Linux Mint, Kubuntu (KDE Ubuntu ), Xubuntu (XFCE Ubuntu ), Lubuntu ( LXDE Ubuntu ), bhakan dari indonesia seperti Blankon, Kgos ( distro Linux milik Kendal) dan banyak lagi yang lainnya.
Oya menurut saya semua distro mo versi berapa juga pasti sama caranya makanya saya gak pernah ngasih tw versi berapanya biar gak fokus sama versinya yang penting caranya terkecuali kalo anda install dengan mode teks misalkan ubuntu alternate ataw ubuntu djadul hehehe…

langsung ja yang pertama pasti juga anda sudah punya disk ubuntu kalo anda masih memiliki dengan file iso maka burning aja dengan software burning yang ada tapi
catatan : burning nya yang pasti burning image dong?????? kikikikikikikikkkkkkkk……

setelah anda memiliki CD ubuntu maka seting compy anda supaya bisa boot via CD/DVD atau jika udah suport maka anda bisa seting boot via flashdisk dengan catatan anda sudah membuat live-cd ubuntu di flashdisk anda..

oya jika anda belum yakin dan mau jajal ubuntu dulu anda juga bisa pake live-cd nya dulu tanpa install ke HDD, jika udah yakin pada halaman pembuka anda pilih saja langsung install ubuntu untuk masuk ke halaman instalasi ubuntu..

tahapan instalasi ubuntu desktop ada 7 tahapan lo…

pada halaman awal pilih bahasa yang nada inginkan lalu klik forward ae…

trus pemilihan time zone, pilih time zone yang sesuai dengan keinginan anda juga lalu klik maning forward nya pk.de….

lalu proses pemilihan keyboard layout anda bisa memilih default keyboard, karena kbanyakan default layout menggunakan USA maka biarkan aja pilihan tetap default.

Pemilihan type HDD, pada pemilihan type HDD anda dapat memilih “ use entire disk “ untuk pembuatan partisi harddisk/HDD secara ototmatis atau specify partitions manually untuk membuat partisi /hdd secara manual.

Langkah selanjutnya anda akan masuk ke proses pembuatan akun dimana anda akan membuat akun dengan nama terserah anda dan pastikan juga password nya buat scurity compy anda
pada langkah selanjutnya anda akan melihat semua rposes yang telah anda lakukan /atau lewati.

Proses selanjutnya instalasi akan segera di laksanakan, partisi HDD yang telah di bust akan segera di format dan installer akan segera meng-Copy file-file yang du butuhkan pada saat proses instalasi. Tunggu beberpa menit hingga proses instalasi selesai ( untuk waktu proses instalasi tergantung pada spek compy anda jika compy anda punya spek besar maka proses instalasi pun akan berjalan dengan cepat tapi jika compy anda standar makan prosespun akan lama, ini terjadi ketika saya bedakan waktu saya install di compy pentium saya dengan laptop core2duo milik temen saya ).]

setelah memilih ubuntu di grub tunggu beberapa saat, dan andapun akan segera menikmati dan menggunakan ubuntu….

selamat mencoba dan semoga bermanfaat jika ada yang kurang saya minta maff tapi alangah baiknya jika anda pu ikut andil buat nambahin yang kurangnya…
terima kasih…

Leave a comment

DATE

February 2011
S M T W T F S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728  

pengunjung dari

free counters